fbpx

Sebagai seorang desainer pemula, tentunya kamu ingin sesegera mungkin mendapat uang dari skill desain yang kamu punya.

Saat ini, banyak jalan yang bisa dipilih untuk kamu bisa menghasilkan uang secara online, tanpa bekerja kantoran. Contohnya saja :

  • Freelance (mencari klien sendiri atau menggunakan platform)
  • Menjual desain template
  • Menjual font
  • Mengikuti kontes desain
  • Dll.

Nah, kontes di dunia desain memang sudah menjadi sesuatu yang lumrah ditemui. Banyak sekali platform penyedia kontes seperti ini, contohnya saja 99designs untuk pasar internasional, dan Sribu untuk pasar lokal.

Dalam platform kontes desain ini, sistem yang umumnya berjalan adalah ketika sebuah perusahaan/perorangan (selanjutnya akan disebut klien) yang membutuhkan jasa desain, maka mereka akan membuat sebuah kontes desain di platform yang mereka pilih (99designs, Sribu, dll).

Selanjutnya, klien menginformasikan secara detail mengenai kebutuhan desainnya, dan menentukan spesifikasi yang mereka inginkan (misalnya referensi visual, warna, elemen visual, tipografinya, dll).

Klien juga harus menyediakan hadiah berupa uang, untuk nantinya diberikan kepada pemenang dari kontes desain tersebut. Kontes akan dijalankan dalam durasi waktu tertentu.

Ketika kontes mulai resmi dijalankan, maka para desainer akan berbondong-bondong untuk membuat desain yang diinginkan oleh klien, tentunya dengan harapan dapat memenangkan hadiah uang yang dijanjikan.

Kebayang ngga, berapa jumlah alternatif desain yang masuk di kontes tersebut? Dalam hitungan 1 hari saja, biasanya sudah ratusan desain yang di upload oleh para desainer.

Ketika kontes desain resmi ditutup beberapa hari kemudian, tentu saja jumlah alternatif desain yang masuk akan lebih banyak lagi.

Di sisi klien, mereka sangat diuntungkan sekali, dengan hanya menyiapkan uang yang sedikit, misalnya 3-5 juta saja. Mereka sudah bisa mendapatkan ratusan alternatif desain untuk dipilih secara bebas, dan selanjutnya menentukan 1 pemenangnya.

Sedangkan, jika mereka melakukan order desain ke agency/studio desain, tentunya mereka harus mengeluarkan uang lebih banyak, waktu yang dibutuhkan lebih lama, dan tentunya alternatif desain yang dihasilkan sangat terbatas.

Jadi, klien memang sangat untung dengan menggunakan platform kontes desain ini. Mereka seperti membayar murah untuk ratusan desainer.


Lalu, bagaimana dengan nasib ratusan desainer yang tidak menang kontes?

Hmm.. tentu saja tidak mendapat apa-apa! Ya, kecuali mereka mendapatkan pengalaman, dan portfolio yang bertambah.

Bayangkan saja, mereka bekerja (membuat desain) tapi dengan kemungkinan tidak dibayar, terlebih sudah berpikir keras untuk membuat konsep kreatif, dan waktu yang juga terbuang.


Tapi, bukan berarti selamanya platform kontes ini buruk buat desainer ya. Buat kamu yang baru mulai di dunia desain, ngga ada salahnya kok mengikuti kontes desain ini.

Kamu akan belajar banyak dalam memahami brief dari klien, lalu menerjemahkannya ke dalam bentuk visual yang menarik, dan melatih diri menguasai software desain. Walaupun seandainya tidak menang kontes, desain yang sudah jadi itu bisa kamu gunakan sebagai portfolio, lho.

Namun, ketika kamu mulai cukup pengalaman dan punya skill yang mumpuni, sebaiknya hindari mengikuti kontes desain.

Lebih baik jika kamu mengerjakan sesuatu yang lebih pasti untuk mendapatkan uang, setelah susah payah bekerja.

Contohnya seperti mencari klien sendiri, menjual desain template, bekerja secara remote, dll.

Tapi, ngga bisa dipungkiri juga, bahwa banyak desainer yang sukses mendpatkan uang banyak dari mengandalkan kontes desain, hehe. Jadi, semuanya kembali lagi ke diri masing-masing desainer ya.

Hidup itu pilihan masing-masing kok 🙂