fbpx

Kemajuan teknologi berdampak sangat besar pada dunia kerja. Beberapa jenis pekerjaan, mulai tak lagi dibutuhkan keberadaannya. Di sisi lain, ada pula jenis profesi yang semakin dicari oleh para pelaku usaha. Salah satu tipe pekerjaan yang prospeknya semakin menjanjikan di era modern seperti sekarang adalah tenaga desain grafis. 

Berkat dukungan berbagai peralatan canggih, seorang desainer grafis kini bisa secara bebas menciptakan karya dalam berbagai bentuk.  Apalagi, ketika kamu adalah sosok yang kreatif dan punya kemampuan dalam menciptakan hasil karya yang berkualitas. Dengan modal seperti itu, tenagamu bakal diburu oleh perusahaan besar. 

Ketika memilih karier sebagai seorang desainer grafis, kamu juga akan memiliki beberapa keuntungan yang tak dipunyai oleh profesi lain. Dari sekian banyak benefit tersebut, berikut ini 7 keuntungan utama yang bisa kamu dapatkan:

  • Dibutuhkan oleh hampir semua sektor bisnis
    Kamu tidak akan kesulitan dalam mencari pekerjaan ketika memiliki kemampuan dalam graphic design. Skill tersebut dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan dari berbagai sektor. Tenaga desainer grafis bermanfaat untuk membantu perusahaan dalam melakukan pemasaran produk ataupun membangun brand. Kemampuan desainer grafis dalam membantu memasarkan produk serta membangun brand memang sangat efektif. Apalagi, desainer grafis tidak hanya mampu menciptakan hasil gambar atau video yang bagus. Namun, konten visual yang kamu buat, bisa menyampaikan pesan sesuai dengan tujuan perusahaan.
  • Kesempatan berkembang yang tak pernah habis
    Keuntungan selanjutnya dari profesi seorang desainer grafis adalah adanya kesempatan belajar yang tidak terbatas. Kamu tidak hanya dituntut untuk bisa menguasai berbagai aplikasi desain grafis sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tak cukup sampai di situ saja. Kamu juga perlu meningkatkan kemampuan dalam berimprovisasi. Kamu harus tahu bahwa berbagai aplikasi untuk desainer grafis seperti CorelDraw, Photoshop, dan sebagainya, hanya alat. Kamu perlu mengombinasikan kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi tersebut dengan pengetahuan terkait ilmu desain grafis. Sebagai contoh, kamu perlu meng-upgrade kemampuan dengan mengetahui cara membuat logo yang baik, ilmu fotografi, dan sebgainya.
  • Tak melulu berkaitan dengan hal teknis
    Saat bekerja sebagai desainer grafis, kamu tidak hanya bisa belajar tentang pengetahuan terkait hal-hal teknis. Secara tidak langsung, kamu juga bisa belajar tentang berbagai informasi lain, termasuk di antaranya adalah cara menjalankan sebuah bisnis. Dalam setiap proyek pembuatan konten visual, kamu dituntut untuk mempelajari berbagai hal. Berbagai jenis riset perlu kamu lakukan, mulai dari wawancara dengan klien, membaca buku, dan sebagainya. Semua itu diperlukan untuk bisa menciptakan hasil sesuai permintaan dari perusahaan.
  • Cara kerja yang fleksibel
    Pekerjaan sebagai desainer grafis memberikan kebebasan bagi kamu dalam memilih cara bekerja. Kamu tidak harus menyelesaikan tugas membuat gambar atau video di kantor. Kamu juga bisa mencoba untuk mengerjakan proyek pembuatan konten visual dari rumah ataupun kafe. Hal ini dapat kamu lakukan kalau memiliki perlengkapan pendukung yang memadai.
  • Kesempatan kerja yang sangat luas
    Karier di bidang desain grafis memungkinkan kamu untuk bisa memperoleh kesempatan kerja sangat luas. Kamu tidak hanya terbatas dengan pilihan bekerja di perusahaan dalam negeri. Kebutuhan terhadap tenaga desainer grafis juga sangat diperlukan oleh perusahaan besar di mancanegara. Tidak hanya itu, cara kerja yang fleksibel, memberi peluang bagi kamu untuk memilih kerja secara remote atau jarak jauh. Kamu juga bisa menggunakan opsi menjadi freelancer. Tidak ketinggalan, seorang desainer grafis juga dapat mengembangkan bisnis dengan cara mendirikan perusahaan sendiri.
  • Pilihan karier yang beragam.
    Profesi di bidang desain grafis memberi peluang kerja yang sangat luas. Kamu dapat memilih untuk menjadi seorang ilustrator, layouter, komikus, desainer interior, creative director, UI/UX designer, game designer, animator, dan sebagainya. Kamu bisa memilih deretan pekerjaan tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
  • Kamu ingin gaji berapa?
    Terakhir, kamu juga punya keuntungan terkait pendapatan. Bayaran yang diterima oleh seorang tenaga desainer grafis bisa sangat tinggi. Apalagi, kalau kamu punya kemampuan yang mumpuni. Kalau tidak puas dengan gaji yang diterima, kamu bisa dengan mudah memilih untuk pindah ke perusahaan lain atau menggunakan opsi cara kerja lain.

Dengan keuntungan besar seperti itu, kamu tak ingin terjun dalam bidang desain grafis? Apalagi, saat ini terdapat kesempatan belajar ilmu graphic design secara mudah melalui Pixel Ninja.